Jumat, 21 Februari 2020

Begini Cara Lejitkan Bisnis Anda

Siapa yang tidak ingin kaya? Siapa yang tidak mau sukses dalam bisnisnya? Tentu saja semua orang menginginkannya. Bisnis? Ya, bisnis!

Siang ini saya mengikuti workshop Business Sharing. Kegiatan ini membuka cakrawala pengetahuan saya tentang bisnis. Narasumber kali ini adalah Coach Indro Purnomo, owner Alif Persada Reality. 

Coach Indro membuka sesi dengan menanyakan tujuan bisnis. Menurutnya, bisnis untuk kaya. Setelah kaya, baru untuk apa. Itu yang perlu dipahami. Dengan menjadi kaya, tentunya kita bisa memberi kebaikan lebih banyak.

Bisnis juga harus berorientasi ke tersedianya cash dan profit. Tidak hanya profit, tetapi cash. Artinya, keuntungan kita riil ada, tidak terutang. Sehingga bisa kita gunakan setiap saat.

Dalam berbisnis pahami 5 faktor berikut!


1. Siapa target market Anda?

Target market beda dengan konsumen. Target market adalah mereka yg akan beli produk/jasa Anda. Target market warung HIK beda dengan restaurant bukan? Tentukan target market Anda dengan tepat!


2. Siapa kompetitor Anda?
Kompetitor adalah mereka yang jualannya sama, target market juga sama. Kompetitor justru menguntungkan kita. Bisnis akan semakin asyik. Banyaknya kompetitor justru menguji ketangguhan bisnis kita.


3. Value apa yang Anda tawarkan?
Value adalah manfaat yang kita jual. Promosikan value, bukan produknya.
Yang lain jualan produk, Anda jualan value. Harga adalah yg dibayar customer, value adalah yang membuat customer beli. Value lebih besar dari harga. Perkuat value!


4. Leverage
Leverage adalah pengungkit bisnis kita. Dengan leverage, omset dan profit akan meningkat. Leverage adalah apa dan siapa pun yang berpengaruh terhadap target market Anda.

5. Sales funnel
Kategori pasar dibedakan menjadi cold, warm, hot, dan very hot. Cold itu mereka yang belum pernah tahu produk kita, very hot itu mereka yang menjadi langganan kita. Lantas apa yang harus kita lakukan? Ini dikenal dengan customer journey.

Caranya adalah:
Cold dengan memperbesar traffic
Warm dengan marketing dan selling
Hot dengan menjaga kepuasan
Very hot dengan menjaga hubungan dan memberikan penawaran lain

Semoga bermanfaat!

1 komentar: