Selasa, 10 Januari 2023

Strategi Mewujudkan Budaya Positif di Sekolah

Rangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak sudah sampai di ujung Paket Modul 1. Tema yang dibahas adalah mengenai "Budaya Positif". Tema ini dikupas tuntas melalui Modul 1.4. Tema ini bagi saya merupakan tema yang unik dan luar biasa. Mengapa? Di tema ini saya mendapatkan pengalaman berharga mengenai teori kontrol, membangun disiplin positif, mewujudkan budaya positif, keyakinan kelas, teori motivasi, 5 posisi kontrol, teori kebutuhan manusia, dan juga segitiga restitusi. Pengalaman baru yang selam ini belum saya dapatkan.

Tindak lanjut dari pemahaman ini adalah implementasi di kelas. Mengapa kelas? Tentu saja karena di sinilah "lingkaran pengaruh" yang dimiliki seorang guru. Perubahan harus dimulai dari lingkup terkecil ini. Jika kelas-kelas sudah terwujud budaya positif, maka secara otomatis budaya positif itu telah terwujud di sekolah. Ekosistem pembelajaran yang berpihak pada murid pun akan tercipta.  

Aksi nyata saya lakukan dengan mengajak para murid untuk membuat keyakinan kelas dan bentuk kesepakatan kelas. Saya memulai dengan menanyakan kelas impian yang mereka dambakan. Para murid kemudian menuliskan deskripsi kelas impian tersebut melalui sticky note yang sudah saya siapkan. Usulan deskripsi kelas impian selanjutnya ditempel di kertas karton yang telah saya siapkan di papan tulis.


Dari berbagai usulan deskripsi kelas impian, saya membimbing siswa untuk mengerucutkan deskripsi kelas impian yang didambakan. Selanjutnya, saya mengajak para murid untuk menuliskan langkah nyata yang dapat dilakukan untuk mewujudkan kelas impian tersebut. Langkah nyata dituliskan berupa nilai-nilai kebajikan yang nantinya disepakati bersama.


Dari semua usulan nilai kebajikan yang ditulis melalui sticky note, saya membimbing para murid untuk mengerucutkan dan menyusun redaksi kesepakatan kelas. Selanjutnya, nilai-nilai kebajikan yang telah disepakati ini ditandatangani oleh semua anggota kelas. Kesepakatan kelas selanjutnya dipasang di tempat yang dapat dilihat dengan mudah.


Pengalaman berharga ini saya bagikan melalui Webinar Nasional "Strategi Mewujudkan Budaya Positif di Sekolah". Webinar saya gelar melalui Komunitas SangPengajar yang saya kelola bersama rekan-rekan. Seperti apa aksi nyata di kelas yang saya lakukan? Bagaimana saya membagikan pengalaman tersebut melalui webinar? Berikut rekaman webinar tersebut:  



5 komentar: